Kota Kota Mati yang Menyimpan Kisah Mengerikan

Thursday, October 13, 2016

Berita Misteri - Dewasa ini, kota selalu difungsikan sebagai pusat aktivitas manusia sehari-hari. Baik untuk kegiatan perdagangan, ekonomi serta sebagai pilihan tempat tinggal. Infrastruktur yang berkembang dengan baik, kondisi geografis dan geologi yang mendukung, serta berbagai fasilitas pendukung lainnya yang telah tersedia di dalamnya merupakan beberapa faktor yang menyebabkan kota dipilih sebagai pusat aktivitas dan tempat tinggal banyak masayrakat dunia. Namun tahu kah Anda? Karena berbagai alasan, ternyata beberapa kota berikut ini harus rela dianggap “mati” oleh masyarakat dunia karena ditinggalkan begitu saja oleh para penduduk yang mendiaminya sebelumnya. Lantas mengapa kota-kota tersebut harus ditinggalkan oleh penduduknya? Simak cerita lengkapnya hingga akhir artikel ini.


1. KOLMANSKOP (NAMIBIA)
Berita Misteri - KOLMANSKOP (NAMIBIA)
Dulunya, sebuah kota yang berjarak hanya beberapa kilometer dari pelabuhan Luderitz di selatan Namibia ini hanyalah kota kecil yang tak tersentuh teknologi sedikit pun. Kota bernama Kolamnskop ini sering menjadi tempat singgah sementara para supir truk yang bertugas mengirimkan barang. Namun, keadaan tersebut langsung berubah ketika seorang pekerja kereta api asal Jerman, Zacharias Lewala, secara tak sengaja menemukan berlian yang bertumpuk diantara pasir-pasir di sepanjang gurun Namib pada tahun 1908.

Berita penemuan berlian tersebut dengan cepat menyebar dan membuat warga sekitar berbondong-bondong mendatangi gurun Namib. Mereka lantas mengeruk habis kandungan berlian yang ada di dalamnya. Hal tersebut terus terjadi hingga 50 tahun kemudian. Hasil kerukan tersebut lantas membuat warga sekitar menjadi sangat kaya hingga akhirnya mereka pun mampu membangun banyak infrastruktur seperti sekolah, rumah sakit, kasino, bahkan tempat tinggal mewah nan elegan. Sayangnya pasca terjadinya Perang Dunia I, perekonomian mulai mengalami krisis. Hal tersebut semakin diperparah karena kandungan berlian yang tersimpan di gurun Namib berangsur-angsur mulai habis. Kondisi tersebut membuat warga sekitar nampak kebingungan hingga secara perlahan sebagian besar dari mereka mulai meninggalkan Kolmanskop untuk mencari penghidupan yang lebih layak.
Berita Misteri - KOLMANSKOP (NAMIBIA)

Malang, suatu ketika badai pasir tiba-tiba menghantam Kolmanskop hingga berkali-kali dan membuat sebagian kecil warga yang masih bertahan di sini tewas tenggelam diantara gundukan pasir yang menjulang tinggi. Mereka tewas bersama dengan rumah megahnya yang kini telah tertimbun pasir hingga membuatnya hanya terlihat di bagian atapnya saja.

2. PRYPIAT (UKRAINA)
Berita Misteri - PRYPIAT (UKRAINA)
Bencana nuklir Chernobyl ternyata menyisakan sebuah kota mati yang memiliki kondisi begitu mengenaskan. Pasca terjadinya bencana yang menelan hampir 50.000 korban jiwa tersebut, Prypiat—sebuah kota yang menjadi tempat tinggal para pekerja nuklir Chernobyl—harus mengalami kerusakan yang sangat parah. Apartemen, kolam renang, dan beberapa bangunan lainnya harus hancur berkeping-keping akibat terjadinya bencana Chernobyl. Bahkan orang-orang yang menempati Prypiat sebelumnya pun harus rela membiarkan arsip, mainan anak-anak, hingga barang-barang berharga mereka lainnya terbengkai begitu saja akibat kontaminasi nuklir. Mereka hanya boleh mengambil beberapa arsip penting, buku serta pakaian yang tidak terkontaminasi oleh nuklir. Lambat laun, mereka pun meninggalkan Prypiat dan membiarkan bangunan-bangunan yang ada di sana bocor dan tak terawat begitu saja sehingga membuat pemandangan Prypiat begitu mengerikan.
Berita Misteri - PRYPIAT (UKRAINA)

3. ORADOUR SUR GLANE (PERANCIS)
Berita Misteri - ORADOUR SUR GLANE (PERANCIS)
Selain dikenal sebagai salah satu kiblat mode dunia, ternyata Perancis juga menyisakan sebuah kisah mengharukan yang dialami oleh para penduduk sebuah perkampungan kecil bernama Oradour Sur Glane. Perkampungan ini harus menjadi saksi bisu ganasnya Perang Dunia II. Sebab selama perang ini berlangsung, sebanyak 642 orang penduduk Oradour Sur Glane harus meregang nyawa lantaran kekejaman yang dilakukan oleh para tentara Jerman yang berniat membalas dendam kepada perlakukan Perancis pada waktu itu.

Berita Misteri - ORADOUR SUR GLANE (PERANCIS)
Awalnya, tentara Jerman berniat hendak menyerang sebuah daerah di dekat Oradour Sur Glane, namun mereka akhirnya memutuskan untuk menyerang Oradour Sur Glane dengan sangat keji pada tanggal 10 Juni 1944. Para korban selamat bersaksi bahwa dulunya penduduk laki-laki Oradour Sur Glane diberondong masuk ke dalam gudang. Tentara Jerman lantas menembaki kaki mereka hingga membuat mereka tewas secara perlahan. Kebengisan pun tak berhenti sampai di situ. Penduduk wanita dan anak-anak juga mengalami nasib yang tak kalah mengharukan. Mereka secara paksa dimasukkan ke dalam gereja. Mereka semua pun mati tertembak saat berusaha keluar dari dalam gereja. Bukan hanya manusia, namun bangunan-bangunan yang berdiri kokoh di Oradour Sur Glane pun juga dihancurkan oleh tentara Jerman saat itu. Oradour Sur Glane masih tetap ada hingga kini dan menjadi saksi bisu betapa mengerikannya pembantaian yang dilakukan oleh tentara Jerman saat itu.