Misteri Kapal Ourang Medan

Thursday, October 13, 2016

Berita Misteri - Misteri Kapal Ourang Medan


Berita Misteri - Ada banyak tempat bersejarah di tanah air yang dipercaya sebagai daerah angker dan sangat mengerikan. Meski belum dapat dibuktikan secara fisik namun tempat-tempat tersebut memang memiliki fenomena yang sangat misterius. Seperti kejadian aneh yang menimpa kapal kargo bernama Ourang Medan. Bagi masyarakat kisah tentang kapal Ourang Medan ini mungkin tidak banyak yang tahu, namun bagi para pelayar  yang menimpa kapal Ourang Medan merupakan  yang tidak akan pernah mereka lupakan. Bahkan boleh dikata kisah SS Ourang Medan ini merupakan misteri besar di dunia.


Misteri Ourang Medan

SS Ourang Medan merupakan sebuah kapal kargo milik Belanda yang dikisahkan tenggelam pada tahun 1948 (tapi ada juga yang mengatakan tahun 1947). Menurut kisah kapal ini tenggelam di sekitar selat malaka Indonesia, bagi para pelaut kapal ini merupakan kapal yang sangat misterius bahkan asal usulnya pun sama dengan misteri yang menenggelamkannya. Bagaimana tidak, konon disebut bahwa seluruh awak sampai kapten kapal tewas secara misterius tanpa ada satu orangpun yang berhasil mengungkapnya, bahkan beberapa peneliti dari berbagai penjuru dunia pun tidak berhasil mengungkap misteri kapal ini. Ada yang mengatakan jika kapal ini sebenarnya hanya legenda, tapi tidak sedikit saksi yang membenarkan keberadaan kapal ini.

KISAH TENGGELAMNYA SS OURANG MEDAN

Semua  tentang kapal asal Belanda ini bermula sekitar bulan Februari tahun 1947/1948. Di kisahkan, jika kapal ini berada di perairan selat malaka Indonesia, menurut kisah yang beredar dan juga penuturan dari beberapa orang saksi cuaca kala itu sebenarnya sama sekali tidak mengalami perubahan. Langit yang cerah, hembusan angin yang normal serta deburan obak yang sangat tenang. Setidaknya kondisi tersebut juga dibenarkan oleh lusinan kapal yang berlayar di sekitar teluk malaka, namun secara mengejutkan terdengar sebuah sandi bahaya (SOS) dari sebuah kapal. Dari sini para saksi mengatakan bahwa mereka sudah diselimuti misteri tentang sinyal tersebut, pasalnya cuaca dan kondisi yang cerah tidak diperkirakan akan menjadi masalah. Sinyal SOS tersebut dikisahkan hampir terdengar pada semua kapal yang berlayar. Namun, hanya satu kapal yang berhasil membaca posisi kapal Ourang medan. Dan yang paling mengejutkan adalah suara teriakan awak kapal yang meminta pertolongan.

Konon awak tersebut merupakan orang yang terakhir hidup di kapal tersebut, dalam catatan dari berbagai sumber awak tersebut konon mengatakan “semua kru kapal termasuk kapten sudah meninggal, mereka tergeletak di ruang kendali kapal”. Belum selesai dengan kejutan teriakan awak kapal tersebut hampir semua kapal pun terhentak saat awak tersebut kembali berkata “aku akan segera mati” dan suaranya pun hilang begitu saja.

Kapal Silver Star pun segera berangkat menuju posisi kapal Ourang Medan, beberapa jam berlayar, kapal Silver pun tiba di lokasi. Konon suasana mencekam sudah menusuk para awak kapal, selain banyaknya ikan-ikan predator yang berkumpul di sekitar kapal semua awak kapal Silver Star pun sama sekali tidak melihat tanda-tanda kehidupan di atas kapal Orang Medan. Konon mereka pun sempat merasakan kesan misteri, mereka heran dengan pesan yang mereka terima saat jarak mereka sudah dekat. Namun, tetap saja mereka menganggap hal tersebut mungkin dilakukan sesaat menjelang kematiannya.  Disebutkan kapal ini sempat mengirim sinyal ke kapal Ourang Medan, namun semua sinyal sama sekali tidak mendapat tanggapan. Dengan rasa penasaran dan kesan misteri yang menimpa kapal kargo ini, para awak Silver pun mulai membentuk tim untuk menelusuri kapal dan mencari korban yang masih hidup.

Betapa kagetnya saat mereka berada di atas kapal Ourang Medan, mereka melihat mayat yang berserakan di mana-mana sebuah pemandangan yang tentu tidak aka pernah dilupakan. Namun selain mayat yang berceceran layaknya dagangan di pasar, kesan misterius pun langsung menyambar para awak Silver. Pasalnya, semua mayat yang ditemukan konon tewas mengenaskan dengan kulit yang pucat, gigi yang sangat rapat, mata melotot dan tidak ada satu mayat yang ditemukan tewas karena kekerasan. Pertanyaan pun langsung terbesit, apa yang sebenarnya menyebabkan mereka meninggal? Apakah karena perompak, atau memang hantu laut yang merenggut nyawa mereka? Bahkan beberapa sumber mengatakan jika saat ditemukan mayat-mayat seolah menunjuk sebuah arah.

Kesan misterius pun langsung merasuki benak mereka, bahkan mereka pun kembali dikejutkan dengan sambaran api yang tidak bisa dijelaskan asal usulnya dari mana yang akhirnya menenggelamkan kapal kargo ini. Misteri Ourang Medan sampai saat ini masih menjadi misteri yang belum bisa terpecahkan, beberapa orang menganggap kisah kapal ini sebagai kapal hantu pasalnya tidak ada satu catatan yang menjelaskan detail kapal Ourang Medan. Semua spekulasi tentang kejadian misterius ini pun hanya berakhir dengan sebuah teori tanpa bisa mereka buktikan keberannya.