Museum - Museum Yang Menyimpan Cerita Mistis

Thursday, October 13, 2016

Berita Misteri - Museum merupakan salah satu media belajar yang sangat efektif baik bagi anak-anak ataupun orang dewasa sekalipun. Sebab di dalamnya, Anda dan keluarga dapat menemukan berbagai benda bersejarah yang dapat menambah wawasan serta membuat Anda dan keluarga menjadi lebih mengenal dan menghargai arti sebuah sejarah yang pernah terjadi pada masa lampau. Namun tahukah Anda? Dari sekian banyak museum yang pernah didirikan dan dibuka untuk kalangan umum, ternyata terselip sebuah cerita “mistis” yang dianggap masih menghantui beberapa museum berikut ini. Maka tak heran jika selain dikenal sebagai “gudang ilmu dan sejarah”, ternyata museum-museum ini juga dikenal sebagai salah satu tempat yang cukup menyeramkan. Wah? Apa saja ya museum-museum menyeramkan tersebut? Mari simak ulasan lengkapnya berikut ini.


1. MUSEUM FATAHILLAH (INDONESIA)
Berita Misteri - MUSEUM FATAHILLAH (INDONESIA)
Awalnya, museum yang terletak di Jalan Taman Fatahillah No.2, Jakarta Pusat, ini dikenal dengan nama Museum Batavia. Museum Fatahillah berdiri di atas tanah bekas gedung Balai Kota yang biasa digunakan dalam aktivitas pemerintahan kolonial Belanda pada masa lampau. Menurut kabar yang beredar, museum yang menyimpan banyak benda bersejarah ini masih menyimpan sebuah kisah mistis. Konon katanya, setiap malam terdengar rintihan orang menangis. Kabarnya, suara tangisan tersebut berasal dari korban yang pernah dihukum di sekitar lokasi museum. Bahkan tak jarang korban tersebut harus meregang nyawa saat pedang ekseskusi dilibasahkan untuk memenggal kepalanya. Bahkan pedang eksekusi tersebut masih tersimpan dengan utuh di museum Fatahillah.

2. SEODAEMUN PRISON HISTORY MUSEUM (KOREA SELATAN)
Berita Misteri - SEODAEMUN PRISON HISTORY MUSEUM (KOREA SELATAN)
Negeri Ginseng juga memiliki sebuah cerita seram yang kabarnya masih menyelimuti sebuah museum bernama Seodaemun Prison History Museum. Usut punya usut, ternyata museum yang berlokasi di Seodaemun Independence Park, Seoul, ini berdiri di atas tanah bekas sebuah penjara Jepang. Penjara tersebut dibangun pada tahun 1910 dan difungsikan oleh pemerintah Jepang sebagai tempat untuk menyiksa dan memenjarakan rakyat Korea Selatan pada masa lalu. Bahkan bangunan asli penjara masih dapat Anda saksikan sendiri di dalam area museum. Di situ, nampak jelas adanya sel-sel kecil yang digunakan untuk menahan puluhan orang. Bukan hanya itu, Anda juga dapat melihat ruangan yang digunakan untuk mengeluarkan mayat serta bangunan yang biasanya digunakan untuk melakukan eksekusi. Konon katanya, suara tangisan dan jeritan para terpidana masih sering terdengar di dalam ruang tahanan dan bangunan eksekusi.

3. MUSEUM OF MEDIEVAL TORTURE INSTRUMENT (REPUBLIK CEKO)
Berita Misteri - MUSEUM OF MEDIEVAL TORTURE INSTRUMENT (REPUBLIK CEKO)
Sebuah museum di Ceko sengaja menyimpan dan memajang berbagai jenis alat yang biasa digunakan untuk menyiksa manusia. Jelas, pemandangan tak biasa tersebut akan menggugah suasan mencekam yang dapat dirasakan oleh setiap pengunjung. Bahkan, museum of Medieval Torture Instrument tak segan menunjukkan metode penyiksaan paling kejam yang pernah dilakukan oleh manusia secara detail.

4. MUSEUM VOODO (AMERIKA SERIKAT)
Berita Misteri - MUSEUM VOODO (AMERIKA SERIKAT)
Penduduk asli New Orleans, Amerika Serikat, merupakan sekelompok orang yang sangat menyukai sejarah dan segala macam benda yang berhubungan erat dengan Voodoo. Alasan tersebut membuat mereka memutuskan untuk mendirikan sebuah museum bernama Museum Voodoo yang menampilkan secara jelas dan detail tentang makna dari Voodoo itu sendiri. Bahkan, pihak pengelola museum pun memberikan tantangan bagi para pengunjung untuk merasakan atmosfer Voodoo secara langsung dengan melakukan sebuah tur. Tur tersebut akan mengajak para pengunjung untuk menyaksikan berbagai fenomena Voodoo yang ada di New Orleans seperti pemakaman, rumah angker, sebuah gereja khatolik yang khusus menampung orang Voodoo, bahkan makam Ratu Voodoo ternama, Marie Laveau.